Mengapa Orang Membeli ?

Posted by tri novi handono Tuesday, April 23, 2013 0 comments

Dalam kehidupan modern jual beli adalah merupakan keharusan. Di toko, di pasar, di kaki lima banyak orang berkerumunan. Kita lihat mereka, ada yang membeli barang dan banyak pula sekedar melihat-lihat saja. Bermacam-macam cara yang dipakai oleh penjual untuk menarik langganan supaya bersedia membeli barang-barang yang dijualnya.

Di toko-toko mereka memajangkan barangnya dalam susunan yang rapi di etalase. Bagi pedagang kaki lima, mereka menghamburkan suaranya, ditingkah dengan bermacam-macam lagak dan cara. Semuanya aktivitas itu tentu saja ditujukan untuk menarik calon pembeli, bukan ? Apabila barang-barang yang ditawarkan si penjual dihati calon pembeli, ia tidak ragu-ragu merogoh saku dan membayar harga tersebut. Tentu saja sang penjual, dengan hormat dan senyum menjualnya.

Tatkala saudara ingin membeli sesuatu, tentu saudara mempunyai suatu tujuan atau maksud tertentu. Dengan melakukan pembelian terhadap suatu barang atau jasa, saudara mengharapkan akan tercapai apa yang saudara inginkan. Jika saudara ingin membeli martil di toko besi, tentu saudara mempunyai maksud. Martil tersebut dapat dipergunakan ebagai alat bertukang. Begitu juga kalau membeli obat nyamuk, bukan berarti saudara mengobati nyamuk yang sakit, tetapi punya tujuan untuk membasmi nyamuk dirumah saudara, bukan ?

Sebenarnya banyak lagi penyebab yang menyebabkan orang membeli. Agar saudara maklum, biang keladi penyebabnya, adalah karena mengharapkan agar barang dibelinya itu dapat memenuhi tujuan atau pemuas kebutuhan sang pembeli.
Di sini ada beberapa penyebab seseorang ingin membeli diantaranya :
  1. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 
  2. Untuk prestise dan gagah-gagahan.
  3. Untuk memelihara kesehatan.
  4. Keinginan untuk mencontoh.
  5. Untuk memenuhi hasrat dan keindahan/kerajinan.
  6. Untuk mengurangi rasa cemas.
  7. Untuk memenuhi prinsip penghematan.
  8. Untuk kemudahan dan kesenangan.
 Yang bernama pedagang layak mengetahui penyebab orang-orang mau membeli demi lebih meningkatkan penjualan barangnya. Sebelum menjalankan pedoman-pedoman tersebut di atas terlebih dahulu, pedagang harus mengenal watak-watak dari calon pembeli.
Caranya dengan jalan menginterview mereka, mengadakan penyelidikan terhadap hasrat mereka, mengadakan penyelidikan terhadap hasrat pembeli. Nah, apabila hal ini sudah saudara ketahui sangat mudah memasukkan kelompok manakah pembeli-pembeli tersebut, silakan mencoba !

  Semoga Bermanfaat













  
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengapa Orang Membeli ?
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/04/mengapa-orang-membeli.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment