Sales Promotion

Posted by tri novi handono Friday, April 26, 2013 3 comments
Dalam dunia modern masalah advertising dan sales promotion adalah faktor yang sangat penting dalam kelanjutan perusahaan. Malahan di Eropa, Amerika dan Jepang, negara maju lainnya, masalah ini merupakan tulang punggung bagi kemajuan dan kekuatan perusahaan.
Dalam menghadapi persaingan dagang yang semakin tajam,tanpa sales promotion dan advertising adalah suatu kerja yang sia-sia. Apalagi pada masa kini pola perdangangan berubah, di mana kini barang yang mencari pembeli (buyer's market). Oleh sebab itulah di negara maju, di mana saja, kapan saja, pada setiap kesempatan perusahaan melakukan sales promotion yang tidak tanggung hebatnya.
Apakah sebenarnya maksud advertising dan sales promotion itu ? Advertising dan sales promotion itu adalah salah satu kegiatan-kegiatan dalam bidang pemasaran. Ia mempunyai tujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan, dengan cara mempengaruhi pemakai barang (konsumen), baik secara langsung maupun tidak langsung.
Bagaimana masalah sales promotion ini di Indonesia? Apabila kita telaah, ternyata fungsi sales promotion ini telah dijalankan di negara kita. Hanya saja kegiatan-kegiatan advertising dan sales promotion tersebut masih secaa sederhana. Sekarang coba kita perhatikan penjual obat-obatan di pasar-pasar atau di kaki lima, secara tidak di sadari, mereka telah melaksanakan kegiatan yang efektif, agar obat-obatan yang dijual lebih banyak dibeli orang.
Caranya sederhana hanya dengan permainan sulap, berbual-bual dengan kalimat yang menarik. Kalau perlu diperagakan khasiat obat dengan cara tipuan yang mmpesona, Malahan di pasar-pasar malam atau pasar keramaian disediakan pelawak-pelawak atau penari-penari tradisional, sekedar alat untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli.

Alat promosi merangsang pada semua bidang.
Akibat dari perkembangan pembangunan teknologi modern, ikhwal advertising dan sales promotion tersebut mengalami perubahan pula. Alat-alat komunikasi radio, TV, alat-alat cetak sebagai manifestasi kemajuan teknologi, banyak dipergunakan dalam kegiatan sals promotion dan advertising ini. Sejak masuknya modal-modal asing kedalam perekonomian Indonesia, fungsi sales promotion dan advertising tersebut terasa menjadi sangat penting dalam negara kita. Coba kita perhatikan pula bagaimana hebatnya reklame-reklame raksasa, Honda, Toyota, Rinso dan lain-lain yang menghabiskan halaman surat kabar.
Kita perhatikan juga reklame-reklame yang bertebaran di seluruh pelosok, d sudut-sudut jaln penting, dilapangan dan tempat keramaian. Pada mulanya bangsa Indonesia belum lagi menyadari akan arti penting sales promotion secara efektif. Mereka berpebdapat bahwa memasang reklame atau iklan yang besar-besar hanya merupakan pemborosan saja. Bagi perusahaan yang sudah terkenal, beranggapan bahwa tidak perlu lagi memperkenalkan hasil produksinya, karena sudah dikenal masyarakat. Syukulah pola-pola fikiran tersebut, pada masa kini telah mulai terpupus sedikit-demi sedikit. Buktinya kini dapat dilihat betapa banyaknya perusahaan nasional Indonesia yang telah terlibat dalam kegiatan advertising dan sales promotion yang modern.

Apakah beda advertising dan sales promotion ?
Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak mendengar istilah advertising dan sales promotion. Apabila ditinjau dari fungsi dan tujuan, sales promotion dan advertising mempunyai tujuan yang sama yaitu meningkatkan penjualan.
Perbedaan antara istilah advertising dan sales promotion hanya terdapat dalam cara tata kerjanya atau dalam teknis pelaksanaan saja. 
Advertising dalam pelaksanaannya lebih mengarahkan agar calon pembeli memilih barang-barang yang dijual. Dalam hal ini kegiatan sales promotion lebih banyak bersifatkan memperkenalkan dan menimbulkan kepercayaan calon pembeli.
Kegiatan advertising ini dilakukan secara tidak langsung dan dilaksanakan melalui media-media komunikasi seperti surat kabar/majalah, TV, radio dan sebagainya. Dalam pelaksanaannya sales promotion lebih ditekankan dalam memperkenalkan langsung barang-barang pada caln pembeli atau pada konsumen. Jadi dengan diperkenalkan secara langsung barang tersebut diharapkan akan timbul kepercayaan pada mereka barang-barang tersebut.
Dari keterangan tersebut diatas dapatlah diketahu bahwa istilah sales promotion dan advertising tersebut, mempunyai kesamaan dalam tujuan dan fungsi serta hanya berbeda dalam teknis pelaksanaan saja. Jadi dapatlah kita sebut pengertian advertising dan sales promotion adalah serupa tapi tak sama.

Keuntungan memakai sales promotion dan advertising
Sebenarnya banyak juga orang beranggapan bahwa dengan melaksanakan sales promotion dan advertising merupakan pemborosan atau ongkos, Jalan pikiran yang begini dapat dimaklumi karena setiap biaya sales promotion dan adertising tersebut dibebankan kepada harga pokok barang tersebut. Sehingga secara logika, kalau harga pokok lebih tinggi, tentu tidak mampu bersaing dengan barang-barang sejenis yang diproduksikan dengan perusahaan lain.
Pendapat diatas tidaklah seluruhnya benar. Apabila sales promotion dan advertising tersebut dilaksanakan secara intensif dan terarah, tidak selamanya harga pokok akan meningkat. Mengapa demikian ? Dengan melaksanakan sales promotion dan advertising, berarti perusahaan secara tidak langsung "mengundang" calon pembeli untuk membeli barang-barang yang djual. Semakin effektif dan terarah sales promoton dan advertising semakin banyak calon pembeli diserap untuk membeli barang-barang tersebut, Dengan banyaknya jumlah pembeli, berarti jumlah (omzet) penjualan dan keuntungan perusahaan menjadi meningkat. Selain daripada itu keuntungan per unit barang semakin meningkat pula, disebabkan harga pokok lebih rendah.


Semoga Bermanfaat
 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sales Promotion
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/04/sales-promotion.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

3 comments:

Amri said...

Terimakasih gan, kebetulan ane lagi cari apa perbedaan advertising dan sales promotion.
Akhirnya tercerahkan juga.

Haditama said...

Sekarang ane jade sales Promaotion gan, ane harus kerja keras untuk mempromosikan produk ane nih.
Semangat....

Dirga said...

Ane baru buka usaha, cuci ac nih gan, bagaimana ya cara mempromosikan jasa nya biar cepet di kenal gitu.
Mohon bantuannya gan.
Thanks

Post a Comment