Hak dan Kewajiban Suami Istri

Posted by tri novi handono Friday, March 15, 2013 0 comments


patuh

1. Hak dan kewajiban yang bukan bersifat kebendaan
  • Suami istri wajib bergaul dengan baik (Mu'asyaroh bil ma'ruf) yaitu saling menghormati, saling menghargai, saling kasih sayang, saling memaafkan, hidup harmonis, jujur, berterus terang dan bermusyawarah (QS. An Nisa' : 19). 
  • Menjaga rahasia rumah tangga, ulamanya rahasia pribadi masing-masing (QS. An Nisa' : 34) dan Rosulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya diantara yang paling dimurkai Allah di hari kiamat ialah seorang suami yang diberitahu oleh istrinya tentang rahasia sedangkan oleh suami rahasia tadi disiarkannya (HR. Muslim).
  • Berakhlaq baik terhadap keluarganya, sebagaimana sabda Rosulullah SAW yang artinya "Orang yang baik diantara kamu sekalian adalah orang yang paling baik terhadap keluarganya. Saya (Nabi), tidaka ada orang yang mulia, kecuali dia memuliakan wanita (istri) dan tidak ada orang yang menghina wanita (istri) kecuali dia sendiri orang yang hina". (HR. Ibnu Asakir).
  • Istri wajib taat kepada suami, sebagaimana sabda Rosulullah SAW, yang artinya : "Apabila istri itu menjaga Sholat lima waktu, puasa romadhan, menjaga kehormatannya dan taat kepada suami, maka dia akan masuk surga." (HR. Al Bazzar).
2.  Hak dan kewajiban bersifat kebendaan
  • Suami wajib memberi nafkah, sebagaimana firman Allah SWT yang artinya" Suami adalah kepala keluarga, karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (suami) dari sebagian yang lain (istri) dan karenanya suami berkewajiban memberi nafkah kehidupan keluarganya." (QS. An Nisa' : 34).
  • Suami wajib menyediakan tempat tinggal sesuai kemampuannya. (QS.Ath Thalaq : 6).
  • Istri wajib mengatur rumah tangga dengan baik, sebagaimana firman Allah SWT yang artinya "....wanita yang baik adalah yang taat kepada suami dan menjaga rumah tangganya, serta memelihara rahasia dan harta bendanya, " (QS. An Nisa' : 34). Rosulullah SAW bersabda :"Istri adalah penanggung jawab rumah tangga suaminya. " (HR. Al Bukhori dan Muslim).  
Semoga Bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Hak dan Kewajiban Suami Istri
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/03/hak-dan-kewajiban-suami-istri.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment