Controlling

Posted by tri novi handono Monday, April 22, 2013 0 comments
control
Perkara menjadi manajer kelihatan seperti kerja yang sepele saja. Apa susahnya jadi manajer, tinggal buat nota, disposisi, perintah sana-sini dan panggil sekretaris yang aduhai. Lalu keluar dengan BMW yang mutakhir, makan siang di restaurant internasional dan bermain golf pada petang hari.
Saudara jangan khilaf ! Dalam prakteknya seorang manajer yang baik, tidaklah sesantai yang saudara bayangkan. Orang yang bernama manajer cakap, harus memikul segudang beban yang berat untuk kesuksesan usahanya. Lagi pula manajer yang baik harus bertanggung jawab keluarga, pegawai, dan masyarakatnya. Bayangkanlah, sang manajer harus berkerut kening memikirkan rencana yang matang, sebagai pedoman kerja dalam bertindak. Kalau tidak demikian roda perusahaan bisa ngawur keluar rel garis dan tujuan.

Tatkala rencana selesai dibuat, sang manajer tidak boleh bersantai-santai saja. Ia harus memikirkan pengaturan orang-orang yang akan melaksanakan rencana itu. Hal ini penting sekali agar, setiap orang pelaksana tahu akan tugas dan kewajiban masing-masing. Kemudian setiap orang diberikan wewenang yang kuat, untuk menjalankan rencana yang telah dimatangkan.
Apalagi? kini sang manajer yang telah repot dengan urusan pengaturan, ternyata belum boleh berleha-leha. Ia harus menggerakkan semua potensi manusia dan alat yang ada dalam perusahaan, agar bergerak searah dengan rencana perusahaan. Nah, soal menggerakkan ini juga membuat risau hati sang manajer, karena silap-silap semuanya bisa jadi berantakan

Langkah-langkah yang harus ditempuh agar pekerjaan pengawasan/controlling berjalan efektif :
  1. Menentukan standard (ukuran) pengawasan.
  2. Mengadakan evaluasi (penilaian) terhadap pelaksanaan dari objek yang dikontrol.
  3. Melakukan tindakan perbaikan, apabila terjadi penyimpangan dari standard.  
Dalam melakukan controlling/pengawasan saudara haruslah bertindak sebagai bapak yang bersifat mendidik dan bukan memamerkan kekuasaaan saja. Setiap mengambil tindakan untuk perbaikan haruslah didasarkan kepada objetivitas dan bukan didasarkan pada sentimen dan emosi pribadi, semoga saudara bisa sukses dan selamat menjadi pengawas yang baik.


Semoga Bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Controlling
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/04/controlling.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment