Ikhwal Sales Promotion

Posted by tri novi handono Friday, April 26, 2013 0 comments
Dalam dunia perusahaan modern, sales promotion  adalah faktor yang sangat penting dalam kelanjutan perusahaan. Di negara majupun sales promotion adalah merupakan tulang punggung bagi sesuatu perusahaan. Mereka menyadari bahwa menghadapi persaingan dagang tanpa sales promotion adalah kerja sia-sia. Oleh sebab itulah kita lihat di luar negeri di mana saja, kapan saja, pada setiap kesempatan mereka mengadakan sales promotionyang tak tanggung-tanggung.
Media yang dipakai mulai surat kabar, majalah, TV, radio, papan reklame, kendaraan umum (bus), bahkan pesawat udara pun dipakai untuk reklame.
Bagaimana masalah sales promotiondi Indonesia ? Sejak masuknya investasi modal asing, terutama dalam bidang produksi, fungsi iklan sangat dirasa penting oleh perusahaan tersebut. Cobalah saudara perhatikan betapa hebatnya reklame-reklame Honda, Toyota, Zusuki, Emas dan lain-lain, menghabiskan halaman-halaman surat kabar. Belum lagi reklame-reklame yang ditempel, papan reklame yang bertebaran baik ditempat keramaian atau di sudut-sudut jalan penting. Mereka berani mengeluarkan ongkos iklan, karena lancarnya penjualan hasil produksinya.

Banyak yang belum sadar
Bagi perusahaan-perusahaan milik negara kita banyak masih belum banyak menyadari akan pentingnya sales promotion. Mereka beranggapan bahwa memasang iklan hanya pemborosan belaka, dan menambah onkos saja. Sebenarnya dugaan-dugaan demikian adalah salah. Mereka harus menyadari betapa kuatnya fungsi sales promotion bagi kemajuan perusahaan.
Apa sebenarnya fungsi sales promotion?
  1. Sales promotion  merupakan media penghubung antara produsen dan konsumen. Atau dengan kata lain sebagai  penghubung antara pembuat barang dan pemakai barang.
  2. Bertugas sangat berat yaitu untuk memperkenalkan barang, memperpolerkannya serta mempertahankan kepopulran barang-barang yang di produksi dan mengatasi persaingan.
  3. Berusaha membuat calon pembeli/langganan dekat pada barang-barang yang diiklankan. Untuk itu dalam sales promotion harus ada "daya penarik khas" yang selalu akan tertanam dalam hati langganan. Misalnya : reklame tapal gigi pepsodent selalu mempopulerkan kata-kata "senyum pepsodent", Kata-kata ini seolah-olah punya daya magnit sehingga istilah "senyum pepsodent" dipakai bagi gadis-gadis yang senyumnya menarik.
Jenis-jeni promotion :
Menurut cara penyebarannya dapat dibagi dalam 2 jenis :
  1. Sales promotion umum.
  2. Sales promotionlangsung.
Sales promotion umum 
Sales promotion secara umum sering dilakukan sehari-hari misalnya iklan di surat kabar / majalah, poster-poster yang ditempel atau papan reklame. Penempatan alat-alat sales promotion di tempat umum harus dapat menarik perhatian umum.
Kini masalah sales promotion semakin menarik karena timbulnya cara-cara baru serta teknik-teknik yang mutakhir dalam perusahaan.
Perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang-barang yang menjadi sponsor-sponsor dalam sebuah kegiatan amal, misalnya : perusahaan assembling mobil mensponsori perlombaan mobil, auto rally, malahan juga fashion-fashion show. Umumnya mereka bersedia menjadi sponsor sebuah kegiatan yang sesuai dengan fungsi bidangnya. Tetapi, kini masalah sponsor-sponsor tersebut, sudah ngawur, karena yang disponsori festival band, Memang ganjil, tetapi dari segi sales promotion ia berhasil mengumpulkan masyarakat untuk melihat reklamenya.

Sales promotion langsung
Hal ini ditujukan langsung pada pribadi-pribadi pembeli/langganan. Kertas pembungkus yang bertulisan nama perusahaan, kantong plastik yang diberikan ketika belanja adalah merupakan contoh yang tepat. Selain itu sales promotion  langsung dapat berbentuk folder, brosur, brooklat, tentang barang-barang yang dihasilkan.
benda-benda ini dkirimkan atau diberikan langsung pada pembeli/langganan perusahaan. Dalam mengirimkan folder, brosur tersebut harus diperhatikan daya beli, suasana, tempat tinggal, kedudukan, serta pysicologi dari calon pembeli. Misalnya di sebuah daerah yang penduduknya kehidupannya bertani, kirimkanlah folder-folder tentang cangkul atau pupuk yang dihasilkan oleh pabrik. Jangan mengirimkan folder mengenai mesin-mesin cetak, alat komputer, Pasti saudara akan gagal total.
Bentuk-bentuk selebaran brosur, folder, tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Ucapan selamat pada hari-hari besar.
  2. Ucapan belasungkawa.
  3. Ucapan terima kasih atas seringnya pembeli tersebut berbelanja.
  4. Berapa prospektus yang berisi tentang barang-barang yang dijual lengkap dengan keterangan-keterangannya.
  5. Surat selebaran yang berisi tentang hasil-hasil produksi baru.
  6. Mengirim daftar-daftar harga.
 Dengan diterimanya folder-folder tersebut, berarti ada hubungan langsung antara penjual dan pembeli.


Semoga Bermanfaat

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ikhwal Sales Promotion
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/04/ikhwal-sales-promotion.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment