Manajer

Posted by tri novi handono Monday, April 22, 2013 0 comments
manajer
Tatkala mendengar perkataan manajer, manajement, terbayanglah dalam benak saudara profil seseorang yang gagah dan berwibawa. Pakai dasi selebar sapu tangan, kaca mata night and day, menjinjing tas samsonite dengan rambut agak gondrong tetapi rapi jali. Imaginasi saudara terus melayang kepada kantor sang manager dengan ruangan ber AC, punya meja lux serta duduk di kursi yang empuk sambil menyedot cerutu Kansas. Jika diteruskan khayal saudara, maka akan tergambarlah profil manager yang ditaburi oelh suasana salon, mewah, santai, dan riang gembira.
Sepintas lalu, terlihatlah betapa sedapnya jadi manager, sambil relax di kamar dapat memerintah pegawainya. Lebih-lebih lagi apabila ia didampingi oleh sekretarisnya yang aduhai.....!
Apakah dalam kenyataan demikian santainya seorang manajer? Ternyatadalam praktek, seorang manajer yang baik, mempunyai beban berat yang harus dipikulnya setiap hari. Seorang manajer harus bertanggung jawab terhadap usaha yang dipimpinnya dengan penuh konsekuensi. Bertanggung jawab terhadap keluarga, masyarakat, dan pegawai-pegawainya.
Agar saudara lebih maklum soal-soal beban-beban yang dipikul oleh manajer, layaknya saudara infokan tentang apa dan siapa manajer tersebut.
Melirik pada fungsinya, seorang manajer/pimpinan harus selalu bertanggung jawab atas kelancaran jalannya usaha. Apabila sebuah perusahaan mendapat keuntungan, berarti ia boleh menampilkan senyum lebar di bibirnya. Tetapi apabila dilantak kerugian ia harus mempertanggungjawabkan. Kalau perlu dengan harta benda pribadinya. akhirnya yang akan keluar dari bibirnya senyum meringis, bukan?
Oleh sebab itu saudara jangan menganggap enteng tugas seorang manajer, walaupun dari segi luarnya kelihatan bertabur kemewahan. Untuk menjadi manajer yang baik, sangat banyak syaratnya yang harus dimilikinya. Tanpa mempunyai syarat-syarat tersebut, pasti manajer tersebut tidak akan sukses dalam melaksanakan tugasnya. Manajer serupa ini dapat disebut manajer gadungan atau manajer bloon.
Dan apakah syarat seorang manajer itu?
untuk menduduki jabatan manajer yang sukses, seseorang itu harus memiliki sifat-sifat khusus yaitu :
  1. Memiliki kecerdasan otak dan setengah komputer.
  2. Mempunyai kemampuan untuk memimpin.
  3. Mempunyai kemampuan untuk berhubungan dengan siapa saja.
  4. Mempunyai pemikiran yang logis dalam memecahkan persoalan.
  5. Punya minat dalam soal artistik dan seni.
  6. Mempunyai moral yang baik dan tidak pernah cacat.
  7. Andil dalam memutuskan hukuman atau tindakan.
  8. Mempunyai inisiatif yang besar tanpa didorong dari luar.
Jika saudara telah mengantongi sifat terpuji tersebut, yakinlah bahwa saudara akan mencapai puncak kesuksesan sebagai manajer.
Di samping mempunyai sifat-sifat yang "hebat" itu, seorang manajer harus pula mempunyai keahlian dalam menggerakkan orang lain untuk melakukan pekerjaan tertentu. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sesuatu yang telah direncanakan oleh manajer terlebih dahulu.
Seorang manajer yang baik, tidak wajib mengerjakan semua pekerjaan, tetapi ia menugaskan orang lain untuk melaksanakan kerja tersebut. Coba saudara bayangkan betapa repotnya kalau seorang manajer yang pelit, mengerjakan semua pekerjaan kantornya, Ia mengetik sendiri surat-surat, menyapu lantai kantor, membuat kontrak pembelian besar-besaran, memposkan surat sendiri. Akhirnya sang manajer repot sendiri dan terpaksa digotong ke rumah sakit.
Tanggung jawab apakah yang dipikul oleh seorang manajer? Untuk memudahkan saudara, marilah kira lirik hal-hal yang dilakukan seorang manajer yang baik yaitu :
  1. Cakap dalam membuat rencana (planning).
  2. Manajer harus pandai mengorganisasi (organizing).
  3. Harus pandai menggerakkan bawahan (actuating).
  4. Manajer harus pandai mengawasi (controlling).  
jadi manajer ialah 
  • orang yang melaksanakan fungsi manajemen dengan sebagus-bagusnya.
  • orang yang mempunyai keahlian untuk menggerakkan orang lain untuk melakukan yang telah tertentu dan untuk menghasilkan sesuatu tertntu pula.
  • orang yang mencapai hasil tertentu dengan menggunakan faktor-faktor produksi terutama tenaga kerja, dengan melakukan tugas perencanaan, pengorganisasian, pengkordinasian dan pengontrolan akan produksi tersebut.
 Semoga Bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manajer
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/04/manajer.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment