Jika Saudara Menjadi Penjual

Posted by tri novi handono Tuesday, April 23, 2013 0 comments
Langganan adalah raja ! Langganan adalah tambang emasmu. Demikian pepatah wasiat orang pedagang. Melanggar kata hikmat itu, berarti mengundang bahaya kedalam usaha saudara. Yang bernama langganan itu adalah makhluk yang suka dipuja puji, dan suka diperhatikan apa maunya. kalau saudara seorang pimpinan perusahaan yang pintar, tentu harus pintar pula mengambil "hati" para langganan saudara.

Bagi saudara yang bekerja sebagai pelayan toko, saudara juga dibebani tugas untuk menyenangkan hati sang langganan. Memang sang langganan itu patut dimanja, karena sakunya selalu pnuh dengan uang dan hatinya penuh dengan keinginan.

Jika langganan berhati senang, tentu ringan saja tangannya, untuk merogo sakunya. Kemudian membayar barang-barang yang saudara jual dan kemudian saudara menerima dengan senyum penuh art, bukan ? Tetapi bagaimana caranya membuat langganan senang ? saudara tak perlu susah-susah memikirkan caranya. Di sini ada beberapa resep yang dapat dipakai oleh pelayan toko maupun oleh saudara sendiri sebagai bos yaitu :
  1. Ucapkanlah salam selamat pada langganan.
  2. Saudara harus memberikan kesan, bahwa saudara sangat memperhatikan langganan.
  3. Berilah calon pembeli kebebasan untuk memilih barang yang disukainya.
  4. Saudara harus menjual kegunaan barang, bukan barangnya saja.
  5. Janganlah saudara marah walaupun langganan tidak jadi beli.
  6. Gunakanlah demonstrasi-demonstrasi  untuk menarik minat calon pembeli.
  7. Janganlah merendahkan dan menghinakan barang-barang lain.
  8. Cobalah selalu mengingat nama langganan-langganannya.
  9. Berilah alasan yang tepat jika langganan menawar terlalu rendah.
  10. Ucapkanlah salam dan terima kasih.
Jikalau dikaji lebih dalam, sangat banyak lagi hal-hal yang perlu dilakukan untuk membuat hati sang langganan menjadi senang. Tetapi saya rasa "resep-resep" di atas, sudah merupakan inti dari dari segala sesuatunya. Tetapi jika saudara mempunyai resep-resep lain dari yang lain, boleh saja saudara cobakan pada langganan. Yang penting, apapun saudara buat, langganan harus merasa senang dan hatinya tertarik membeli barang yang saudara jual, selamat mencoba.
 
Semoga Bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Jika Saudara Menjadi Penjual
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/04/jika-saudara-menjadi-penjual.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment