Pendidikan Bagi Muslimah

Posted by tri novi handono Monday, September 2, 2013 1 comments
Secara garis besar, seorang muslimah memiliki tiga peranan penting dalam hidupnya. Yang pertama, sebagai hamba Allah SWT. Kedua, perannya sebagai istri sekaligus ibu dari anak-anaknya. Dan yang ketiga, perannya didalam masyarakat. Sehingga tak dapat dipungkiri lagi bahwa peran muslimah dalam kehidupan ini begitu penting.
Dalam menjalankan perannya tersebut, seorang muslimah harus memiliki ilmu pengetahuan agar dapat melaksanakannya dengan baik. Untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, maka ada berbagai cara. Salah satunya adalah dari pendidikan. Pendidikan yang dimaksud bukan hanya pendidikan dunia saja, melainkan juga pendidikan akhlak dan akhirat.
Bagi muslimah, pendidikan yang didapat merupakan bekal dalam menjalani dan menghadapi kehidupan ini. Setidaknya, seorang muslimah dapat memperbaiki dirinya sendiri, kemudian memberikan ilmunya kepada anaknya, keluarga, tetangganya serta masyarakat sekitar. Sehingga ilmu yang dimilikinya dapat bermanfaat untuk orang banyak.
Dalam hal ini, Aisyah ra. patut menjadi contoh dalam ilmu pengetahuan agamanya yang dalam. Aisyah ra. dididik oleh Rasulullah SAW sehingga membentuk pribadi yang bertaqwa kepada Allah SWT dan mengajarkan ajaran Islam kepada wanita luhur dan bertaqwa. 
Semangat Aisyah ra. dalam belajar dn memahami ilmu agama sudah terbukti. Bahkan, setelah wafatnya Rasulullah SAW, tidak sedikit para sahabat yang meminta keterangan tentang kebenaran sebuah hadits kepada Aisyah ra. Dalam kisah lain, para muslimah generasi terdahulu juga bersemangat dalam menuntut ilmu."Seorang wanita mendatangai Rasulullah SAW dan berkata,"Wahai Rasulullah!Kaum lelaki telah membawa haditsmu, maka jadikanlah kami satu harimu yang kami datang pada hari tersebut agar engkau mengajarkan pada kami apa yang telah diajarkan Allah kepadamu,"Maka beliau bersabda:"berkumpullah pada hari ini dan di tempat ini."Maka mereka pun berkumpul, lalu Rasulullah SAW mendatangi mereka dan mengajarkan apa yang telah diajarkan Allah kepada beliau".(HR Bukhori dan Muslim).
Berdasarkan kisah tersebut, maka hak dan kesempatan baik bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh pendidikan adalah sama. Keduanya memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, sehingga dalam menjalankan hal tersebut dibutuhkan ilmu agar dapat terlaksana dengan baik.
Semoga para muslimah tidak pantang menyerah untuk terus menuntut ilmu, karena Allah SWT akan memuliakan kita serta mengangkat derajat orang-orang yang berilmu. Sebagaimana firman-Nya:"..Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."(QS. Al-Mujadilah:11).


Semoga Bermanfaat

  
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pendidikan Bagi Muslimah
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/09/pendidikan-bagi-muslimah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Connexindo said...

seperti pepatah mengatakan, tuntut lah ilmu walau sampai ke negeri china ;)

Post a Comment