Sedekah Menolak Balak

Posted by Unknown Monday, September 2, 2013 1 comments
Hidup ini tidak seindah yang dibayangkan. Banyak hal yang tidak terduga menghampiri hidup kita. Kepahitan dan kegetiran adalah warna yang memoles lembar kehidupan manusia. Meski sesungguhnya bagi orang yang beriman, dunia ini adalah surga tak berperi dengan kenikmatan dan keelokannya yang tidak bertepi.
Untuk kita yang saat ini sedang dalam kubangan musibah, ada baiknya kita mencoba menyisir jalan kebaikan berikut ini. Atau, kita yang sedang dihantui kegagalan, inilah amalan yang menghibur untuk menolak berbagai kemungkinan balak.
Pertama, melazimkan doa. Orang yang terbiasa dengan berdoa akan mengalir sebuah kekuatan yang mampu menjadikan dirinya tegar. Bahkan, doa adalah sebuah proteksi ampuh menstabilkan kondisi hati dengan berbagai macam keadaannya. Disebut oleh Nabi Muhammad SAW,"Tidak ada yang mampu menolak takdir kecuali doa." (HR Ahmad). Bahkan, ada doa yang langsung dari Allah SWT untuk menuntun kita terhindar dari berbagai ujian, musibah, dan bala."Duhai Allah jangan sekali-kali Engkau uji kami di luar batas kemampuan kami."(QS Al-Baqarah:286).
Kedua, kesungguhan taqwa. Banyak disebut oleh berbagai ayat bahwa kesungguhan dan keseriusan dalam ketaqwaan mengantarkan ketangguhan spiritual dalam menyelesaikan setiap kesulitan hidup. Ini artinya semangat taqwa menghindarkan sebuah peristiwa buruk dalam hidup manusia."Siapa yang bertaqwa maka Allah jadikan baginya jalan keluar. Dan Allah karuniakan rezeki dari arah tak terduga. Siapa yang menyerahkan urusannya kepada Allah maka akan dicukupkan (nikmat dan kebutuhannya) .."(QS Al-Thalaq:2-3).   
Ketiga, Ridho orang tua. Setelah kita tegak dengan nilai-nilai langit seperti di sebut oleh dua poin di atas, saatnya kita mengumpulkan energi dari bumi. Dan, kita perlu memulainya dari bilik kedua orang tua kita. Doa dan restu mereka yang pada urutannya mengantarakan kepada sejuta kebaikan, yang kita unduh tidak hanya di dunia, tapi di akhirat. Keramat terampuh di dunia ini,tidak lain adalah doa dan restu orang tua."Ridho Allah ada pada ridho orang tua dan murka-Nya ada pada murka ke dua orang tua," demikian sabda Nabi Muhammad SAW riwayat al-Hakim. 
Keempat, sedekah. Keutamaan sedekah sudah banyak yang menyebutkan. Bahkan, secara terang sebuah hadis mengisyaratkan, "Sedekah itu benar-benar menolak balak."(HR Thabrani dari Abdullah ibnu Mas'ud). Karena , agama adalah amal. Maka, nikmat dan kelezatan beragama akan terasa jika benar-benar mengamalkan. Karena itu, saatnya kita buktikan dengan amal nyata. Kita bersedekah pasti ada proteksi balak yang langsung Allah SWT desain.
Kelima, istighfar."Kami tidak akan turunkan azab bencana selama mereka masih beristighfar."(QS al-Anfal:33). Berikutnya, silaturahim, berdzikir, dan sholawat. Terkait dengan dzikir, disebut oleh Nabi SAW,"Petir menyambar siapapun, tetapi petir tidak akan menyambar orang yang sedang berdzikir."
Terakhir, senantiasa berbuat baik. Kebaikan yang kita tebarkan dibumi adalah kebaikan untuk kita yang Allah SWT gelontorkan dari langit (QS Ar-Rahman:60). Wallahu a'lam.


Semoga Bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sedekah Menolak Balak
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/09/sedekah-menolak-balak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Jual Printer Bekas said...

yah, dengan sedekah kita jauh dari keburukan, org kaya sebenarnya itu adalah org yg rajin bersedekah

Post a Comment