Muslim Kaya

Posted by Unknown Wednesday, August 28, 2013 1 comments
Harta kekayaan merupakan nikmat Allah SWT yang harus di syukuri. Dengan kekayaan tersebut, diharapkan bisa menjadi sarana untuk mendapat ridho dari Allah SWT. Yakni digunakan untuk beramal, seperti berqurban, haji, zakat, infak, shodaqoh, menyantuni fakir miskin, dan terutama menyantuni anak yatim. Itulah jalan yang diperintahkan oleh Allah SWT. Dari amal ibadah itu pula yang akan menyelamatkan kita dari siksaan api neraka
Pada dasarnya harta bisa menjadi berkah ataupun azab, tergantung pada cara bagaimana ia mendapatkan dan memanfaatkannya. Bagi manusia yang bertaqwa, pasti akan menyadari bahwa sesungguhnya kehidupan di dunia tidaklah kekal. Sehingga ia akan membelanjakan harta kekayaannya untuk beribadah.
Dalam hadist yang diriwayatkan Ibnu Majjah dan dinilai Shahih oleh Al-Busyairi dan Al-Albany, Rasulullah SAW bersabda, " Tidak Ada madarat (kerusakan, bahaya) dalam harta bagi mereka yang bertaqwa, tetapi kesehatan itu lebih baik daripada menjadi kaya bagi mereka yang bertaqwa."
Hal ini menunjukkan bahwa, ketika orang bertaqwa memiliki harta, maka tidak ada hal yang membahayakan bagi dirinya maupun orang lain. Karena itulah, tak ada dosa bagi seseorang untuk mengharapkan banyak uang, selama niatnya baik.
Namun, bila melihat realitas sosial saat ini, alangkah malunya ketika melihat saudara seiman mengemis di terminal, bus, kereta api dan tempat umumnya lainnya. Padahal Rasulullah SAW tidak mengajarkan emikian. Sebagaimana sabda beliau,"Demi jiwaku yang berada ditangan-Nya, sungguh seseorang yang mengambil tali di antara kalian. Kemudian dia gunakan untuk mengangkat kayu di atas punggungnya, lebih baik baginya daripada ia mendatangi orang, kemudian ia meminta-minta kepadanya yang terkadang diberi dan terkadang tidak diberi olehnya,"(HR. Al-Bukhori).
Sebagai sarana untuk beribadah, harta memegang peran yang cukup penting. Bayangkan, bagaimana saudara bisa sholat dengan tenang bila perut lapar, jika anak menangis meminta susu, sementara saudara tak sanggup membelinya. Bagaimana saudara bisa menyantuni fakir miskin, bersedekah, haji dan menyekolahkan anak untuk menuntut ilmu bila tidak punya uang sama sekali.
Bagi orang miskin peluang kecil untuk melaksanakan itu, karena jangankan untuk bersedekah, berinfak, menyantuni anak yatim, untuk memenuhi kebutuhan sendiri saja sulit. Selain itu, kemiskinan dapat memicu untuk berbuat kejahatan. Seperti sabda Rasulullah SAW,"Kemiskinanitu dekat dengan kekufuran, dan kedengkian itu dekat dengan mendahului qodar". (Faydhul Qodiir, juz 4, hlm.708).
Hal ini menunjukkan bahwa, adakalanya miskin itu membahayakan. Dari busung lapar, anak tak dapat sekolah, dekadensi moral, hingga memicu kriminalitas dan kejahatan. Itulah salah satu akibat dari kemiskinan. Berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Imam Ahmad, disebutkan bahwa Rasulullah SAW selalu berdoa memohon perlindungan dari kemiskinan dan kekhufuran sebanyak tiga kali setiap matahari terbit dan terbenam. Doa Rasulullah SAW :"Duhai Allah, Aku memohon perlindunganMu dari kemiskinan dan kekhufuran. Aku juga memohon perlindunganMu dari siksa kubur. Tidak ada Tuhan yang patut disembah melainkan Engkau, Ya Allah."
Bukan hanya itu doa Rasulullah SAW, menurut riwayat Imam Muslim, sebelum tidur Rasulullah SAW selalu menutup hari dengan membaca doa, "Ya Allah, Lunasilah hutang-hutangku dan jauhkanlah aku dari kemiskinan."
Berdasarkan riwayat tersebut, bahwa Rasulullah SAW mengajari kita agar memohon perlindungan dari kemiskinan dan kekhufuran. Bahkan untuk soal kemiskinan dan kekhufuran ini, Rasulullah SAW selalu berdoa sebanyak tiga kali. Ini menandakan betapa sungguh-sungguhnya beliau memohon. Setiap usai shalat dan menjelang tidur, Rasulullah SAW juga berdoa dengan permohonan yang serupa. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika umat muslim kaya, sehingga dengan kekayaan yang diberikan oleh Allah SWT, dapat beramal lebih banyak lagi. Wallahu a'lam bisshowab.


Semoga Bermanfaat      
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Muslim Kaya
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/08/muslim-kaya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Anonymous said...

Agen Slot Terpercaya
Agen Situs Terpercaya

88CSN game online yang lagi hitz dan banyak dimainin anak-anak muda sekarang lho,
Kamu Jangan takut, game Online yang satu ini Aman dan Mudah dimainin Kok.


atau hubungi kontaknya di WES88.COM
Contact Kami:
WA : 081358840484
BBM : 88CSNMANTAP
Facebook : 88CSN

Ayo Cobain, selain Seru , juga menguntungkan lho
Game mana lagi yang bisa ngehasilin Uang Asli
Let's Play togethe

Post a Comment