Rumah Tangga Sebagai Pusat Ketentraman Batin dan Ketenangan Jiwa

Posted by tri novi handono Monday, March 11, 2013 0 comments

Tentram
  Seharusnya rumah tangga itu dapat menjadi pangkalan ketentraman batin dan pangkalan ketenangan jiwa, Sehingga ketika suami sudah berlumur keringat, bersibah peluh, bekerja dengan keras, ia akan selalu merindukan untuk pulang ke rumah. Karena rumah tangga adalah sumber ketenangan dan ketentraman yang tidak akan diperoleh dalam hiruk pikuknya kehidupan sehari-hari.

   Demikian pila sepatutnya seorang anak begitu rindu untuk pulang ke rumah karena disana akan ia dapati ibu dan ayah yang bagaikan air pelepas haus di kala dahaga.

    Sepatutnya pula seorang istri selalu merasa aman, nyaman, dan tentram berada dirumah untuk menikmati perjumpaan dengan suami serta anak-anaknya. Sehingga semua anggota keluarga sepakat menjadikan rumah sebagai pusat ketentraman batin dan ketenangan jiwa.

      Namun kenyataan yang dapat kita saksikan di kiri-kanan, tidak sedikitsuami yang enggan pulang ke rumahnya, hanya karena setiap ia memasuki rumah yang dirasakannya adalah ketidaknyamanan lantaran sikap istri dan anak-anaknya. Bayangkan, akan pulang kemana lagi seorang suami bila tidak mendapatkan ketentraman di rumahnya sendiri.

    Demikian pula, dapat kita saksikan bagaimana anak-anak yang banyak berkeluyuran, enggan pulang ke rumah hanya karena mereka tidak mendapatkan ketentraman berada di rumah. Bahkan ada juga istri-istri yang lebih sibuk mengutamakan aktivitas diluar, disebabkan karena tidak bisa juga merasakan serta mendapatkan kenyamanan dan ketentraman hati di rumah yang ia urus.

       Mengapa semua itu dapat terjadi? Padahal kalau diperhatikan, rumah sudah lapang, hartanya sudah banyak, kedudukan penghuni rumahnya begitu tinggi, mengapa? Sebab, ketentraman dan ketenangan jiwa itu, hanya akan ditemui dengan satu-satunya jalan, "Alaa bi dzikrillahi tathmainnul quluub" (QS ar-Ra' d{13}: 28). Camkan, hati ini hanya akan tenang-tentram jikalau ingat kepada Allah SWT.

      Dengan kata lain rumah tangga yang dibangun tanpa mengingat Allah, tanpa mengenal Allah, tidak Taat Allah, maka demi Allah, sehebat apapun harta yang ada, setinggi apapun kedudukan anggota keluarganya, semelimpah apapun kekayaan mereka, sehebat apapun kekuasaannya, tidak akan pernah bisa membeli ketentraman jiwa. Karena dunia berikut isinya tidak pernah cocok dengan hati, dia hanya cocok untuk kebutuhan lahiriah belaka.

      Oleh karena itu, rumah tangga yang penuh barokah itu adalah rumah tangga yang tujuannya adalah Allah SWT. Yang sehari-harinya diisi dengan kesungguhan untuk mendekat kepada Allah SWT; yang hartanya dicari harta di jalan Allah dan dia nafkahkan di jalan Allah; yang rumahnya disukai oleh Allah; yang isinya tidak membuat murka Allah. Rumah tangga yang menjadikan Allah sebagai tujuan, pegangan, pergantungan hidupnya dan dibuktikan dengan ketaatan. Inilah rumah tangga yang benar-benar akan merasakan ketentraman.

    Maaf, wahai saudara-saudaraku, demi Allah! tidak akan pernah tenang-tentram siapapun termasuk yang berumah tangga, yang menjadikan anggota keluarganya untuk bersungguh-sungguh taat dan mendekat kepada Allah SWT.
Ingat, jangan sampai terkccoh. Hidup ini milik Allah. Dialah yang menguasai semua jalan kebahagiaan dan semua jalan kebaikan. Dunia itu tertutup kecuali bagi orang-orang yang selalu berusaha mendekat dan taat kepada-Nya.

     Untuk itu, pastikan rumah tangga kita menjadi rumah tangga yang ahli sujud, rumah tangga yang ahli taat, rumah tangga yang menghiasi dirinya dengan dzikrullah, dan rumah tangga yang selalu rindu untuk mengutuhkan kemuliaan hidup di dunia terutama mengutuhkan kemuliaan dihadapan Allah SWT kelak di surga. Amin yaa Robbal 'Aalamin....           
Semoga Bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Rumah Tangga Sebagai Pusat Ketentraman Batin dan Ketenangan Jiwa
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/03/rumah-tangga-sebagai-pusat-ketentraman.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment