Arti Manajemen

Posted by tri novi handono Monday, March 18, 2013 0 comments

sibuk
Yang bernama manajemen , ibarat kekasih aduhai yang selalu disebut-sebut oleh manusia modern, Sang manajemen yang tak berwujud nyata, teramat dirindui oleh makhluk-makhluk bumi yang mencap dirinya sebagai orang yang modern. Menurut Laurence B. Appley boss A.M.A (American Manajement Associations) bahwa manajemen itu adalah Keahlian atau kehandalan seseorang untuk menggerakkan orang lain agar sudi melakukan pekerjaan.

Tetapi menurut Prof. Oei Liang Lie dari Universitas Gajah Mada menyempurnakan fatwa om laurence tersebut dengan Manajemen itu adalah Seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, pengarahan, pengkordinasian dan pengontrolan dari pada human and natural resources untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan lebih dahulu..  

maksudnya begini, Setiap orang manapun,boleh saja memendam rindu untuk jadi pemimpin atau bos yang perkasa. Tapi untuk jadi seorang bos yang gagah lagi baik dan bertanggung jawab terhadap kelancaran usahanya, wah, ini sangat sulit sekali diperoleh.

Untuk menjadi bos yang bertanggung jawab dan pintar memimpin, tidak boleh sembarangan orang dapat mencapainya. Konon kabarnya untuk menjadikan seseorang pemimpin itu, ditentukan oleh bakat dan pembawaan serta sejak lahir. Selain itu seorang bos harus mempelajari bisa berkembang baik.

Tatkala dilirik sepintas lalu, sebenarnya tugas yang bos tak perlu dirisaukan . Apalagi susahnya memimpin dan menyuruh seorang bawahan untuk bekerja? toh, tanpa banyak cingcong ia harus turut perintah atasannya, karena mereka makan gaji.

Namun dalam prakteknya, tugas-tugas sang bos itu tidaklah segampang yang anda fikirkan. Terlebih-lebih pada zaman modenini (komputerisasi), manusia ingin serba cepat, praktis dan mendalami soal-soal psikologi, sehingga bos yang suka asal perintah beginian pasti tidak dapat pasaran. 

Jimat Manajemen
Seorang bos yang berjiwa modern, harus memakai "fatwa-fatwa" yang dikumandangkan ahli-ahli menajemen seantero dunia. Agar supaya petuah para ahli tersebut lebih afdol, seorang bos yang bermutu harus memegang "dua jimat" ampuh penangkal musibah perusahaan.
Apakah jimat itu? nah inilah dia : seni memimpin dan ilmu pengetahuan.
Ibarat petuah nenek-nenek zaman baheula, jimat manajemen itu harus dipegang teguh, mesti diamalkan tak boleh alpa sekejap pun.

Perusahaan manapun pasti terasa aneh kalau dipimpin oleh orang-orang yang pintar-pintar, bodoh atau bloon. Pasti perusahaan itu bisa amblas dalam sekejap mata, walaupun telah didrop modal berlipat ganda.. Justru itulah setiap perusahaan harus dipimpin oleh orang-orang yang tidak bloon alias orang-orang yang pintar-pintar. Mempunyai ilmu pengetahuan yang luas, berpendidikan, kreatif dan sebagainya.
Jadi jelaslah setiap tindakan sang bos tak boleh semrawutan, tetapi harus berjalan diatas rel ilmiah berdasarkan hukum-hukum dan methode ilmu pengetahuan pula.

Mengapa pula harus berseni-seni ?
Walaupun sang bos sudah berjalan dalam garis-garis ilmiah, ternyata masih ada yang kurang asam garamnya. Seorang bos yang hanya tahu dengan hukum-hukum dan methode ilmiah yang statis, pasti akan "kaku" kalau menghadapi bawahan sebagai manusia yang dinamis.

Agar manager tak berisau hati, perlulah ia memperhalus gaya memimpin dengan cara yang luwes dan berseni sekali. Anda harus ingat, sang bos tidak boleh keluar dari garis tujuan perusahaannya. Jadi unsur ilmiah tersebut dapat diperhalus dengan suatu gaya pembawaan atau seni memimpin yang luwes dan meyakinkan sekali. Terlebih-lebih menghadapi bawahan sebagai manusia yang selalu diselimuti faktor psikologi, seni memimpin ini harus diterapkan secara pasti. Campuran gaya seni dan ilmu pengetahuan ini, ibarat gado-gado yang nyaman perlu dihidangkan kedalam perusahaan.

Apabila kedua "jimat manajemen' tersebut telah disimpan dalam kocek, anda boleh bersenyum-senyum menanti datangnya kebahagiaan dalam dunia usaha anda. Konon kabarnya "jimat" ampuh tersebut disebut orang sebagai unsur manajemen.

Semoga Bermanfaat
      
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Arti Manajemen
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/03/arti-manajemen.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment