Objek Wisata Tuban

Posted by tri novi handono Saturday, March 16, 2013 3 comments

A. Umum.
Kabupaten Daerah Tingkat II Tuban merupakan pintu gerbang memasuki Jawa Timur melalui Semarang-Surabaya yang terletak antara sebelah utara laut jawa, sebelah timur kabupaten Lamongan, sebelah selatan Kabupaaten Bojonegoro, dan sebelah barat Kabupaten Rembang (propinsi Jawa Tengah). Luas wilayah Kabupaten Tuban 183.992 Km yang terdiri 9 Kecamatan dan 328 desa. Di sebelah utara daratan rendah dengan ketinggian sampai 150 m dpl, bagian tengah dan selatan memiliki dataran rendah dan tinggi dengan ketinggian antara 5-400 m dpl.

B. Objek dan Daya tarik Wisata
Kabupaten Tuban sebenarnya mempunyai potensi pariwisata yang bisa dikembangkan, mengingat adanya objek dan daya tarik wisata yang meliputi alam, seni budaya, kerajinan juga peninggalan sejarah saat penyebaran agama Islam di Jawa Timur khususnya.

1. Makam Sunan Bonang 
Makam sunan Bonang merupakan peninggalan sejarah dalam penyebaran dan pengembangan agama Islam di Jawa Timur dan sunan Bonang adalah Sunan ke tiga dari sembilan Sunan yang lebih dikenal dengan nama Wali Songo. Sedangkan Masjid Jami' didirikan pada hari minggu tanggal 29 Juli 1984 oleh Raden Toemoenggoeng Koesoemogdo Bupati Tuban XXXV dan arsiteknya dikerjakan oleh seorang Belanda bernama Toxopeus. Lampu Robyong, menara adzan serta ornamen masjid mempunyai nilai budaya tinggi.
Komplek makam sunan Bonangrletak di desa Kutoarjo, Kecamatan Tuban Kota tepatnya di belakang masjid Jami' Tuban.
Tersedia fasilitas untuk para pengunjung yang menginap, musholla, kamar mandi dan tempat berwudlu guna memenuhi kebutuhan dari pengunjung yang pada umumnya mempunyai tujuan berziarah dan berdo'a.

2. Klenteng Kwan Sing Bio
Klenteng ini berdiri pada abad ke 18 dibangun diatas tanah seluas 2,1 Ha. Bangunannya menghadap ke laut utara dengan simbol Kepiting yang  jarang ditemui  di klenteng lain. Klenteng ini bangunan utamanya pindahan dari klenteng yang ada di Tambakboyo.
Wisatawan yang datang kebanyakan mempunyai motivasi untuk mencari kecocokan rezeki dalam berdagang, perkawinan, pindah rumah dan untuk mencari kesembuhan. 
Terletak didesa Karangsari Kecamatan Tuban Kota.
Tersedia fasilitas penginapan, ruang makan, kamar mandi, dan  WC jumlah 100 kamar serta 6 lokasi /barak yang menampung 2.000 pengunjung.

3. Taman Rekreasi Tuban Indah
Taman ini dibangun diatas tanah seluas 3 Ha yang terletak di desa Sugihwaras Kecamatan Jenu 6 Km disebelah barat kota Tuban.
Fasilitas : tempat bermain anak-anak, tempat memancing, kolam renang, pondok wisata dan fasilitas lain yang telah disediakan.

4. Taman Wisata Laut Sukolilo
Taman Wisata ini merupakan pesisir pantai utara dengan pasirnya yang putih, pantainya bersih dikelilingi pohon kelapa membuat suasana pantai menjadi sejuk, sehingga bisa digunakan untuk bersantai beristirahat serta berenang.
Terletak diperbatasan Propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah tepatnya didesa Sukolilo, Kecamatan Bancar.
Fasilitas : Rumah Makan yang menyediakan masakan khas Jawa Timur.

5. Museum Kambang Putih
Museum ini dibangun pada tahun 1984 dengan bentuk bangunan yang merupakan stilir dari arsitektur tradisional Jawa berbentuk Joglo yang pada saat itu jarang ditemui, dengan diberi nama Kambang Putih. Dan bangunannya di bagi 3 ruangan antara lain : ruang lokasi koleksi kesenian dan nimistik,, ruang koleksi arkeologi, ruang induk untuk koleksi athnografi. Koleksi dari museum daerah Kambang Putih mempunyai koleksi 600 buah yang terdiri dari : Hasil kebudayaan jaman Pra Sejarah.

Semoga Bermanfaat        
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Objek Wisata Tuban
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/03/tuban-tour.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

3 comments:

anndiana said...

Ehm, kalo ga salah daerah kerek ada ya dituban, tempat semen gresik tuban 1....Maksih ya dah main ke blog acak adulku

Annur Diana said...

satu lagi ah, tapi pake google + ya, ikutan dong tuh lomba nulis..blognya bagus nih, ringan banget..sukses ya

budaya indonesia said...

semakin banyak yang memberikan informasi tentang wisata di indoensia, berarti semakin banyak pula yang akan mengunjungi negri ini terutama pulau deawata bali yang penuh pesona..
salam blogger

Post a Comment