Cara Menjadi Kaya

Posted by tri novi handono Sunday, August 25, 2013 1 comments
Banyak orang yang menginginkan kemakmuran dan kekayaan dalam hidupnya, Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana caranya agar dapat meraih kekayaan tersebut. Tak jarang, manusia menggunakan berbagai cara agar memperoleh kekayaan dengan jalan yang buruk, seperti menipu, korupsi, mencuri dan sebagainya. Padahal, apalah arti kekayaannya tidak berkah, yang berakibat merasa tidak bahagia dan selalu gelisah. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila cara untuk mendapatkan kekayaan tersebut ditempuh dengan cara yang baik.
Berikut ini cara menjadi kaya menurut Islam :
1. Mencari rezeki dari yang halal.
Carilah rezeki yang halal dalam hidup, karena dengan kekayaan yang halal maka akan menentramkan hati kita juga. Sebaliknya, jika kita tidak mendapatkannya dengan sesuatu yang halal, maka biasanya akan membuat hidup kita di masa yang akan datang menjadi penuh masalah.
2. Menyambung tali silaturahmi.
Sering-seringlah berkunjung ke sanak saudara, baik saudara dekat maupun jauh. Karena silaturahmi akan melancarkan pintu rezeki bagi setiap umat yang menjalaninya.
3. Bekerja dengan hati yang Qana'ah.
Hal tersebut menunjukkan bahwa sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Sesuatu yang instan itu jarang bertahan lama, ataupun sering mengalami kegagalan. Jadi, carilah rezeki dengan bekerja dan hati yang tukus, ikhlas.
4. Bertaubat dari segala perbuatan dosa.
Saatnya mendekat dan selalu berikhtiar kepadaNya. Jauhkanlah diri dari keputusan yang dilaknat oleh Allah SWT. Jika kita bertaubat, Insya Allah pintu rezeki pun juga dapat terbuka lebar.
5. Segera tunaikan zakat dan sedekah.
"Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya..." (Q.S Al An'aam : 160).
Hal ini jelas menunjukkan bahwa sedekah sangat bernilai harganya. Sedekah kepada orang lain bernilai 10, kepada orang yang kita kenal bernilai 100, kepada sanak saudara bernilai 1000. Tunaikan zakat. Semakin kita banyak memberi, Insya Allah kita juga akan semakin banyak menerima rezeki dari Allah SWT.
6. Mensyukuri segala nikmat.
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikamt-Ku) maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih" (Ibrahim : 7). Kita hendaknya senantiasa mensyukuri nikmat dan rezeki yang telah diberikan Allah SWT kepada umatnya. Apapun rezeki dari Allah SWT, harus senantiasa kita syukuri dan nikmati. Sungguh kenikmatan yang diberikan oleh Nya sangat banyak dan sangat berarti, dan kita sebagai manusia wajib untuk mensyukurinya.

Rasulullah SAW bersabda " Bukanlah kekayaan itu dari banyaknya harta, akan tetapi kekayaan itu adalah rasa cukup yang ada di dalam hati." (HR.Bukhari no. 6446 dan Muslim no. 1051 dari Abu Hurairah ra.).

Al-Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullahu berkata dalam penjelasannya terhadap hadis ini :
"Alhasil, orang yang disifati dengan ghina an-nafs (kekayaan jiwa) adalah orang yang qana'ah terhadap apa yang Allah SWT rezekikan kepadanya. Dia tidak tamak untuk menumpuk-numpuk harta tanpa ada kebutuhan. Tidak pula dia meminta-minta kepada manusia dengan mendesak. Dia merasa ridho dengan apa yang diberikan Allah SWT kepadanya, seakan-akan ia terus menerus merasa cukup. Sedangkan orang yang disifati dengan fagru an-nafs (kefakiran jiwa) adalah kebalikannya. Karena dia tidak qana'ah terhadap apa yang diberikan kepadanya. Dia selalu rakus untuk menimbun kekayaan, dari arah mana saja. Kemudian bia dia tidak mendapatkan apa yang ia cari, ia akan merasa sedih dan menyesal. Seakan-akan dia adalah orang yang tidak memiliki harta. Karena dia tidak merasa cukup dengan apa yang diberikan kepadanya, sehingga seakan-akan dia bukan orang kaya."*Fathul Bari, 2/277).  
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Menjadi Kaya
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/08/cara-menjadi-kaya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.