Tips Memilih Sekolah Anak

Posted by tri novi handono Thursday, August 29, 2013 0 comments
Mau sekolah dimana ya? Mau kita sekolahkan dimana? Gurunya galak nggak ya? Kurikulumnya mendukung tumbuh kembang anak nggak ya? Sekolahnya bersih nggak ya?
Ya, tahun ajaran baru telah tiba. Kita sebagai orang tua mulai disibukkan dengan beberapa pilihan sekolah. Banyak pilihan, mulai baliho, leaflet, spanduk dan brosur dari lembaga-lembaga pendidikan semakin menambah bingung. Fasilitas yang ditawarkan serta keunggulan yang ditampilkan seperti berlomba-lomba menyapa para calon wali murid. Masing-masing berlomba-lomba menawarkan kelebihan yang dimilikinya.

Berikut tips memilih sekolah anak yang Insya Allah akan membantu kita :
1. Satukan Visi Dengan Pasangan.
Satukan visi dulu dengan pasangan kita. Mau diarahkan kemana pendidikan anak. Tentu harapannya sekolah yang lebih mengembangkan sisi spiritualitas. Percuma nilai akademiknya bagus tapi tidak hormat kepada orang tua. Percuma IQ-nya tinggi tapi selalu membuat orang tua malu akibat perbuatan jeleknya. Yang kita perlukan adalah, sekolah yang tidak hanya mengajarkan dan mendidik anak-anak pintar secara akademik, tapi juga anak yang mau mendoakan kita sebagai orang tuanya.

2. Perhatikan Jarak Sekolah.
Sebisa mungkin, carilah sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Selain si buah hati tidak bosan di jalan dan mengalami kelelahan, serta energinya tidak akan habis terkuras karena harus berlama-lama di jalan. Hal ini juga akan menghemat biaya yang kita keluarkan untuk transportasi.

3. Fasilitas.
Perhatikan apakah sekolah tersebut memiliki fasilitas yang dibutuhkan buah hati kita. Selain itu, sekolah yang baik adalah yang memberikan waktu lebih banyak untuk siswanya mengeksplorasi bahan-bahan pelajarannya sambil bermain dan berinteraksi dengan teman-temannya. Bukan sekolah yang mengharuskan siswanya terus menerus duduk dalam kegiatan belajar. Dengan begitu, perasaan nyaman ini akan memungkinkan anak untuk mengaktualisasikan kemampuannya.

4. Setting Kelas.
Sekolah menciptakan setting kelas yang fleksibel dan tidak membosankan, ruang kelas ditata agar anak betah seharian berada didalamnya. Namun belajar dapat terjadi dimana saja, duduk didepan guru, duduk melingkar, dibawah pohon atau di kebun sekolah. Lihat juga apakah anak-anak disekolah itu terlihat ceria dan kreatif. Apakah ruang kelas dihiasi karya seni para murid. Kalau ini dilakukan berarti disekolah tersebut sangat menghargai kreativitas murid-muridnya.

5. Guru.
Pastikan staf-staf di sekolah itu memang kompeten. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dari cara para guru memperlakukan murid-muridnya serta disiplin yang diterapkan. Carilah sekolah dengan jumlah staf yang memadai, sehingga buah hati kita mendapatkan perhatian sesuai kebutuhan mereka. Semakin kecil rasionya, anak-anak akan mendapat perhatian yang cukup dari guru sehingga kebutuhannya lebih mudah di mengerti dan dipahami.

6. Kurikulum Sekolah.
Program sekolah yang baik, sebaiknya memberikan banyak waktu untuk setiap anak untuk mendorong minatnya.
Saat ini sudah banyak sekolah sekolah Islam yang menawarkan kurikulum khasnya yang mengarah kepada keimanan dan ketaqwaan. Ada program pembiasaan akhlak Islam sehari-hari, membaca dan menghafalkan Al-Qur'an, serta program ibadah.

7. Biaya.
Orang tua sering terkecoh dengan anggapan bahwa semakin mahal sekolah semakin canggih dan terpercaya sekolah tersebut. Padahal tidaklah demikian. Kecanggihan suatu sekolah bukanlah dilihat dari biaya untuk dapat bersekolah di situ, tapi oleh materi dan metode pembelajaran yang tepat bagi murid-muridnya. Pilihlah sekolah yang sesuai dengan kondisi keuangan saudara.

8. Cari Referensi.
Jangan ragu dan malu untuk bertanya kepada orang lain tentang situasi dan kondisi sekolah tempat anaknya bersekolah. Carilah informasi mengenai sekolah tersebut dari beberapa orang tua murid di sana, tentunya akan ada pendapat positif dan negatif. Untuk membuktikannya, datanglah ke sekolah tersebut dan amati murid-murid di sana.

Hal yang terpenting untuk membekali anak bersekolah adalah kondisi keluarga. Di sekolah buah hati kita belajar sholat, mengaji dan program ibadah lainnya. Sementara kita dirumah tidak melakukan hal tersebut. Anak akan bingung. Dan karena anak lebih lama waktunya dirumah dan berada di lingkungan terdekatnya. Maka kebiasaan orang tuanyalah yang akan diikutinya.
Kalau orang tua menginginkan anak yang sholeh dan sholehah, bekali mereka dengan menyekolahkan di sekolah Islam yang mutunya tidak kalah dengan sekolah lainnya. Namun yang penting ialah, kegiatan positif anak disekolah harus didukung dengan perilaku dan teladan orang tua.


Semoga Bermanfaat      

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Memilih Sekolah Anak
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/08/tips-memilih-sekolah-anak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment