Keseimbangan Merupakan Kunci Efektif Pengendalian Emosi

Posted by tri novi handono Thursday, March 7, 2013 0 comments

imbang
    Bagaimana mengendalikan emosi dan memanfaatkannya sebagai kekuatan yang kita miliki? banyak orang hidup di dalam ketidakberdayaan karena emosi yang dimiliki tidak dapat di kendalikan. Mereka mengeluarkan emosi tanpa pengendalian yang berarti, terarah dan positif. Seolah-olah ada emosi tertentu yang sangat ditakuti, dan dirasakan akan menyerang kapanpun emosi muncul.

      Kadang-kadang emosi dianggap sebagai sesuatu yang memiliki nilai dan sama sekali tidak perlu dimiliki. Sering ada juga anggapan bahwa emosi muncul karena kita bereaksi atas perkataan atau tanggapan orang lain, atau atas tingkah laku kita sendiri. Kita perlu melihat letak dan arti emosi secara proporsional sehingga bisa memanfaatkannya untuk kemajuan dan keberhasilan.

      Ada orang yang berusaha menghindari emosi atau perasaan tertentu yang tidak disukai, sehingga melakukan hal-hal yang terlalu menyimpang dan negatif. Mereka tidak mampu mengendalikan emosi dan mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat dan mendorong. Untuk menghindari emosi tersebut mereka melakukan pelarian kedalam hal-hal yang merusak seperti minum alkohol berlebihan, menyalahgunakan obat-obatan, berjudi, makan berlebihan dan berbagai hal yang justru merusak.

     Ada orang yang menutup semua emosi hanya untuk menghindari diri dari luka emosi tanpa melihat potensi yang tersembunyi karena takut melukai diri sendiri atau orang lain, terutama dalam hubungan antarkekasih. Ada yang terlampau jauh dalam berusaha menghindar emosi bahkan mereka menghindari jenis emosi yang dapat menyatukan mereka dengan orang yang mereka cintai. ini tentu tidak baik dan sangat merusak diri sendiri ataupun orang lain.

      Jawaban untuk masalah diatas hanya satu yaitu adanya kesimbangan dalam memanfaatkan emosi, baik itu emosi negatif ataupun positif. Kesimbangan ada di alam. ada positif dan ada negatif, ada laki-laki dan ada perempuan, ada gelap dan ada terang, ada atas dan ada bawah, Demikian juga emosi ada emosi negatif dan ada emosi positif. Baik Positif maupun negatif, kedua-duanya diperlukan. Yang satu tidak akan menghilangkan atau menguasai yang lain, tetapi justru sebaliknya, saling mengisi dan melengkapi.
Semoga Bermanfaat 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Keseimbangan Merupakan Kunci Efektif Pengendalian Emosi
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/03/keseimbangan-merupakan-kunci-efektif.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment