Objek Wisata Surabaya

Posted by tri novi handono Friday, March 15, 2013 0 comments

kota Surabaya
A. Umum
Surabaya merupakan kota terbesar setelah Jakarta yang menjadi ibu kota Propinsi Jawa Timur dengan luas daratan sekitar 291.78 km. Surabaya juga terkenal sebutan Kota Pahlawan yang ditandai dengan Tugu Pahlawan, karena di kota inilah pernah terjadi pertempuran terdasyat sebagai upaya Arek-arek Surabaya mempertahankan kemerdekaan dari serangan Belanda yang membonceng sekutu. Disamping itu Surabaya terkenal dengan sebutan kota Indamardi, yaitu Industri, perdangangan, maritim, dan pendidikan. Sebagai pusat penyebaran wisatawan, Surabaya mempunyai sarana pokok maupun sarana penunjang yang cukup lengkap. baik transportasi, akomodasi, rumah makan, tempat hiburan, dll.

B. Objek dan Daya Tarik Wisata
1. Kebun Binatang 
Mempunyai berbagai jenis binatang yang cukup lengkap, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Juga terdapat Noctorama yaitu sangkar khusus untuk binatang malam yang sangat menarik dan akuarium ikan air tawar dan air laut.Kebun Binatang ini mudah dicapai karena terletak di dalam kota Surabaya sekitar 500 meter dari terminal Joyoboyo.
Fasilitas yang tersedia antara lain tempat parkir kendaraan roda dua dan empat, rumah makan/warung, tempat bermain/kolam renang anak, perahu yang menyusuri sungai buatan didalam kebun binatang.

2. Museum Mpu Tantular
Sebuah museum dengan koleksi benda-benda purbakala, seni, sejarah dan budaya yang terletak di jalan Mayangkara sekitar 500 meter dari terminal Joyoboyo.

3. Patung Joko Dolog
Patung dari batu yang dibuat untuk penghormatan kepada Raja Singosari terakhir yaitu Kertanegara.
Terletak ditaman Apsari muka gedung Grahadi jalan Pemuda.

4. Tugu Pahlawan
Merupakan monumen heroik kebanggaan arek-arek Surabaya, dan kawasan ini dilengkapi museum bawah tanah yang telah diresmikan oleh Presiden Suharto.
Terletak di pusat kota yaitu tepat sebelah barat kantor Gubernur Jatim.

5. Makam Sunan Ampel
Sunan Ampel adalah salah satu dari Wali Songo yaitu tokoh penyebar agama Islam di Indonesia. Di kawasan ini terdapat Masjid Ampel yang didirikan Sunan Ampel pada tahun 1481 dan sampai sekarang masih tegar berdiri. Di kawasan ini pula terkenal dengan sebutan Kampung Arab, merupakan kampung yang unik dengan gaya kehidupan masyarakat arab, di lorong-lorong jalan perkampungan dijual berbagai jamu tradisional dan berbagai jenis parfum serta kurma.
terletak di jalan KHM Mansyur Kelurahan Ampel sekitar + 3 km arah Utara pusat kota.

6. Pelabuhan Tradisionil Kalimas
Merupakan pelabuhan tradisionil, dimana banyak kapal layar dari kayu membongkar muat barang-barang sejak 600 tahun yang lalu. Terletak di komlek pelabuhan Tanjung Perak.sekitar + 3 km arah utara dari kota.

7. Pantai Kenjeran
Pantai ini adalah satu-satunya objek wisata pantai fasilitas yang cukup lengkap yaitu : parkir, tempat berimain anak, penginapan, rumah makan, panggung terbuka, sirkuit balap motor, dan pacuan berkuda, kolam renang, kios cindera mata, kantor, mck, perahu dll.Terletak sekitar + 15 km disebelah timur kota Surabaya, dan muda dicapai dengan kendaraan umum maupun pribadi.

8. THR dan Taman Remaja Surabaya
Merupakan satu-satunya pusat perbelanjaan yang dilengkapi dengan beberapa tempat hiburan tradisional seperti Srimulat, Ludruk, ketoprak, dan pentas terbuka serta gedung pertemuan disebelah kirinya adalah taman remaja Surabaya yang mempunyai sarana permainan dan ketangkasan terlengkap di Surabaya.Terletak di jalan Kusuma Bangsa.

C. Sarana Pariwisata
Akomodasi
Hotel Berbintang tersedia + 30 dan hotel Melati + 80 antara lain :
Hotel Novotel Jl. Ngagel 173-175 Surabaya
Hotel Shangri-la Jl. Mayjen Sungkono 120 Surabaya
Hotel Majapahit Jl. Tunjungan 65 Surabaya
Hotel Weta Jl. Genteng kali 3-11 Surabaya.
dan lain-lain.
D. Rumah Makan dan Restauran
Surabaya tersedia banyak sekali ruamh makan dengan menu Indonesia, Cina, Korea, serta Eropa ragam yang tersebar hampir diseluruh kota singgah memudahkan pengunjung.

Semoga Bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Objek Wisata Surabaya
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/03/surabaya-tour.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment