Tidak Mengingkari atau Melarikan Diri dari Emosi

Posted by tri novi handono Thursday, March 7, 2013 0 comments

     Ada juga di antara mereka yang mencoba menggunakan strategi lain : yaitu mengingkari atau melarikan diri dari emosi. Mereka mengingkari emosi dan perasaan yang dimiliki dengan memutarbalikkan apa yang seharusnya dirasakan. ini semacam pelarian diri dari kenyataan.
     Contohnya, ada seseorang yang dirundung kesedihan berat, tetapi dia masih dapat berkata "saya sama sekali tidak merasa sedih atau susah", sebenarnya, di lubuk hatinya, di dalam hatinya yang terdalam dia mengeluarkan beribu emosi negatif yang tak tertanggungkan. Dia mengeluh mengapa hidup ini begitu menyedihkan baginya, apa yang dia miliki, atau bagaimana dia telah melakukan segala sesuatu yang benar tetapi masih saja berubah menjadi salah. Dia tidak dapat memahami apa yang terjadi di dalam dirinya. Dengan kata lain, dia tidak berusaha mengubah fokus pemikirannya, dan merasakan segala sesuatu yang negatif dalam dirinya.
     Berpura-pura tidak merasa sedih, berpura-pura tidak sakit hati, atau berpura-pura tidak kecewa sama sekali tidak membantu keluar dari masalah sebenarnya. Kalau seseorang mengalami atau memiliki emosi tertentu, tetapi berpura-pura seolah emosi itu tidak ada, tindakan ini hanya akan menciptakan kesedihan atau luka emosi yang lebih dalam.
     Menghindari emosi malah akan memperdalam emosi tersebut, Kalau kita mengalami suatu emosi dan berpura-pura seolah emosi itu tidak ada, emosi itu justru akan makin kuat. Intensitasnya akan terus menaik hingga akhirnya sampai naik kepuncaknya. Mencoba menghindari emosi tidak akan menciptakan solusi terhadap pemecahan masalah. Mengerti emosi itu dan menggunakannya secara positif sebagai panggilan untuk mengambil tindakan yang efektif, merupakan strategi paling tepat dan dapat diterapkan dalam menjalani kehidupan ini (berbahagia menghadapi tantangan).

Semoga Bermanfaat ..... 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tidak Mengingkari atau Melarikan Diri dari Emosi
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/03/tidak-mengingkari-atau-melarikan-diri.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment