Memahami Pesan yang Diberikan oleh Emosi

Posted by Unknown Thursday, March 7, 2013 0 comments

     Belajar memahami dan memanfaatkan pesan dari emosi berguna untuk mengambil keputusan yang efektif. Jadi kita belajar mengambil langkah yang paling tepat karena mendapatkan informasi yang diberikan oleh emosi. Rasa ingin tahu misalnya, mendorong kita untuk belajar lebih giat. Bertanya atau menyalurkan rasa ingin tahu akan banyak membantu kita dalam memahami arti emosi, menguasai emosi, memecahkan permasalahan, menghadapi tantangan dan mencegah masalah agar tidak terjadi.

     Kalau mulai merasakan suatu emosi, kita perlu bertanya tentang pesan apa yang diberikannya, "apa yang harus saya kerjakan sekarang juga untuk meningkatkan kualitas hidup?" Kalau kita merasakan kesepian misalnya kita harus berusaha untuk memahami maknanya dengan bertanya, "Mungkinkah saya hanya salah mengartikan situasi sekarang ini, yang mengatakan bahwa saya sendiri, padahal sesungguhnya saya memiliki banyak teman? Kalau saya mengunjungi seorang teman, bukankah mereka juga senang menerima kunjungan saya? bukankah kesepian sayamenunjukkan bahwa saya perlu bertindak untuk lebih banyak membuat hubungan dengan orang lain?"

     Kita dapat menggunakan beberapa pertanyaan untuk membangkitkan rasa ingin tahu tentang emosi kita :
  • Apakah sebenarnya yang ingin saya rasakan ?
  • Apakah yang harus saya percayai untuk memiliki  perasaan seperti yang sedang saya rasakan ?
  • Apa yang bisa saya kerjakan untuk menciptakan penyelesaian dan melakukannya sekarang juga?
  • Apa yang dapat saya pelajari ?
      Kalau kita memiliki rasa ingin tahu tentang emosi itu, kita akan belajar tentang perbedaan penting antara emosi terkendalikan dengan emosi yang tidak terkendalikan.Kita juga akan mempelajari manfaat emosi sebagai pelajaran berharga, baik untuk masa sekarang atau akan datang.  


Semoga Bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Memahami Pesan yang Diberikan oleh Emosi
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/03/memahami-pesan-yang-diberikan-oleh-emosi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment