Perjalanan Wisata

Posted by tri novi handono Friday, March 15, 2013 0 comments

Transportasi
1. Motif dan tujuan berwisata
Perjalanan wisata mempunyai berbagai motivasi dan dengan tujuan tertentu, perbedaan motif-motif dan tujuan tersebut antara lain sebagai berikut :
  • Berwisata untuk menikmati perjalanan dan rekreasi.
  • Berwisata untuk memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang suasana yang hanya terdapat didaerah tujuan wisata yang dituju.
  • Berwisata untuk menyaksikan dan memahami seni dan budaya masyarakat didaerah tertentu.
  • Berwisata untuk berpartisipasi dalam ataupun menyaksikan peristiwa olag raga yang diselenggarakan di luar daerah tempat tinggalnya.
  • Berwisata sambil menyelesaikan urusan usaha.
  • Berwisata sambil menghadiri pertemuan, seminar ataupun convensi yang diselenggarakan di dalam atau sekitar daerah tujuan wisata.
  • Berwisata untuk tujuan kombinasi lebih dari satu yang tersebut.
2. Merencanakan Perjalanan Wisata
Merencanakan perjalanan wisata merupakan salah satu upaya agar apa yang diinginkan dari suatu perjalanan wisata yang dipilih dapat menjadi kenyataan.
Selain itu dengan dibuat suatu rencana perjalanan yang baik maka berbagai kekecewaan yang mungkin akan ditemui selama perjalanan wisata dapat diperhitungkan sebelumnya dan dapat dihindarkan. Ada dua cara yang dapat direncanakan oleh calon wisatawan, yaitu yang direncanakan sendiri (baik perorangan atau kelompok) dan menggunakan jasa Biro Perjalanan Wisata.
a. Direncanakan sendiri
cara ini ditempuh apabila calon wisatawan ingin secara mandiri menentukan keinginannya dalam perjalanan wisata yang dipilihnya, yang perlu diperhatikan dalam suatu perjalanan wisata adalah :
  • Tentukan tujuan perjalanan wisata yang ingin dicapai oleh perorangan maupun kelompok.
  • pilihlah daerah tujuan wisata atau objek wisata yang dapat memenuhi tujuan yang diinginkan.
Keuntungan yang didapat bila perjalanan wisata tersebut direncanakan sendiri adalah mendidik tiap orang untuk terbiasa menyusun rencana yang baik sebelum melakukan sesuatu dan perjalanan wisata yang diadakan akan lebih memenuhi apa yang diinginkan. Sedangkan kerugiannya adalah tidak mudah memperoleh informasi yang lengkap, akurat dan mutakhir tentang daerah tujuan objek wisata yang ingin dikunjungi.

b. Menggunakan Jasa Biro Perjalanan Wisata  
Sebenarnya bukan suatu perencanaan yang murni, karena calon wisatawan akan disodori paket-paket wisata yang telah direncanakan, mulai dari tujuan wisata, angkutan, akomodasi dan makan serta acara selama dalam perjalanan dan didaerah tujuan objek wisata. Masing-masing paket sudah ditentukan harga dan lamanya perjalanan. Tetapi dapat pula calon wisatawan mengutarakan maksudnya kepada biro perjalanan, selanjutnya biro perjalanan merencanakan dan menghitung biayanya.
Keuntungan yang didapat bila menggunakan jasa Biro Perjalanan adalah mudah dan cepat dilaksanakan sehingga urusan wisatawan tinggal membayar saja. Sedangkan kerugiannya adalah pada umumnya tidak semua minat wisata sudah tersedia paketnya.

3. Hal-hal yang perlu diperhatikan selama berada didaerah tujuan objek wisata.
a. Mengecek kebenaran informasi di lapangan.
Semua informasi yang diperoleh pada saat merencanakan suatu perjalanan wisata masih perlu dicek kebenarannya dengan keadaan  yang nyata di objek wisata terutama tentang informasi yang dirasakan masih kurang lengkap atau yang masih diragukan kebenarannya.

b. Mematuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku antara lain mengenai ketentuam/peraturan untuk dapat memasuki kawasan hutan, cagar alam, suaka marga satwa, bumi perkemahan, daerah latihan TNI/Polri dan tempat-tempat lain yang tidak terbuka secara bebas untuk umum.

c.Menghormati adat istiadat dan kepercayaan masyarakat yang berlaku ditempat tersebut.

d. Bersikaplah ramah-tamah dan jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang tidak dipahami kepada masyarakat.

e. Jangan gegabah dan selalu bersikap waspada terhadap segala kemungkinan yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan diri dan barang-barang anda maupun orang lain.

f. Bersikap aktif memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan.

g. Buatlah catatan guna mengevaluasi keberhasilan perjalanan wisata yang dilakukan.

4. Kelengkapan Informasi.
Kelengkapan informasi tentang daerah tujuan/objek wisata yang telah dipilih, meliputi :
  • Keadaan cuaca (suhu, hujan, angin dan kelembapan).
  • Keadaan medan (permukaan tanah, tumbuh-tumbuhan, aliran sungai, ketinggian)
  • Kondisi kesehatan, kebersihan, dan keamanan.
  • Sistem transportasi.
  • Jenis akomodasi yang diinginkan (hotel berbintang, motel, hotel melati, pondok wisata/villa, penginapan remaja, perkemahan).    

Semoga Bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Perjalanan Wisata
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/03/perjalanan-wisata.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment