Objek Wisata Bojonegoro

Posted by tri novi handono Saturday, March 16, 2013 0 comments
Bojonegoro Tour

A. Umum
Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu daerah penghasil kayu jati di Jawa Timur. Luas wilayahnya + 230.706 Ha dengan batas-batas di sebelah utara Kabupaten Tuban, sebelah timur Kabupaten Lamongan, sebelah barat Kabupaten Blora Jawa Tengah dan sebelah selatan Kabupaten Ngawi, Madiun, dan Nganjuk. Bojonegoro juga disebut sebagai kota Angling Dharma.

B. Objek dan Daya Tarik Wisata
1. Waduk Pacak
Waduk ini merupakan peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1927 sampai dengan 1933, dengan luas waduk penuh 3.878 km dan daya tampungan air 41.500.000 M, sehingga cukup menarik untuk digunakan sebagai tempat wisata, disamping itu daerahnya bergunung-gunung dengan dikelilingi kawasan hutan jati yang cukup luas.
Terletak di desa Tretes Kecamatan Temayang sekitar 35 Km dari Kota Bojonegoro.

2. Wana Wisata Dander
Terletak di desa Dander Kecamatan Dander dengan jarak sekitar 12 Km dari kota Bojonegoro yang dikelola Perhutani.
Fasilitas : kolam renang, tempat ganti pakaian, MCK, shelter, tempat parkir, tempat main anak-anak, pesanggrahan dan bumi perkemahan.

3. Kayangan Api (api abadi)
Sebuah sumber api alam yang berwarna biru bergaris tengah + 3 Km berada didalam kawasan hutan jati desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem. Bila dibandingkan dengan api tak kunjung padam di Madura, Kayangan Api jauh lebih besar dan lebih menarik.
Jarak temph Bojonegoro-Ngasem 30 Km beraspal dan Ngasem ke lokasi objek + 3 Km. Tersedia tempat beristirahat yang sering digunakan sebagai tempat untuk beristirahat /syukuran.

4. Loco Tour
Suatu perjalanan Wisata hutan didalam kawasan hutan jati dengan menggunakan rangkaian gerbong dan lori yang ditarik oleh lokomotif diesel dengan jarak tempuh 30 Km dengan waktu selama 2 jam, route pemberangkatan dari TPK Bojonegoro dan berakhir di TPK  Dander. Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan kendaraan bermotor berupa jeep kembali ke Bojonegoro dengan waktu + 30 menit lewat jalan beraspal sejauh 8 Km.
Kegiatan pendukungnya antara lain :
a. Persawahan sepanjang 9 Km dengan kehidupan petani yang berada dalam daerah sekitar hutan.
b. Kegiatan tanaman dan eksplotasi hutan.
c. Kesenian daerah dan cinderamata pada akhir perjalanan.
Pengelola : Perhutani.

5. Kerajinan Kayu
Sebagai daerah penghasil kayu, Bojonegoro terkenal dengan hasil kerajinan kayu dalam bentuk bubutan maupun ukiran. Hasil kerajinan bubut kayu jati ini sudah di ekspor ke berbagai negara, juga sering disertakan di berbagai pameran.

6. Fasilitas penunjang
a. Akomodasi
  • Bojonegoro (melati 2) Jl. Untung Suropati 42 Bojonegoro.
  • Wisma Jaya (melati 2) Jl. Dr. Wahidin 29 Bojonegoro.
  • Wisma Kudus (melati 2) jl. Diponegoro 74 Bojonegoro.
  • dll
b. Rumah Makan
  • Sempurna Jl. Gajah Mada 8 Bojonegoro
  • Surabaya Jl. Rajawali 86 Bojonegoro.

Semoga Bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Objek Wisata Bojonegoro
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/03/bojonegoro-tour.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment