Menggunakan Emosi Secara Proporsional

Posted by tri novi handono Thursday, March 7, 2013 0 comments
keseimbangan

  Apakah yang menjadi sumber emosi? Kitalah sumber emosi itu. Kita sendirilah yang menciptakannya, Banyak orang mengatakan bahwa mereka harus menunggu pengalaman tertentu untuk merasakan emosi yang mereka inginkan. Contohnya mereka tidak akan merasakan emosi cinta atau kebahagiaan atau rasa percaya diri kalau suatu harapan tertentu tidak dipenuhi. Yang pasti kita dapat merasakan apapun yang kita inginkan kapanpun kita mau dan dimanapun kita berada.
    Terkadang kita hanya menunggu sesuatu yang kita harapkan tetapi tidak melihat bahwa sebenarnya kita bisa mendapatkannya kalau tahu bagaimana menciptakan keadaan di mana harapanitu bisa terpenuhi, mengapa harus menunggu? Yang jelas kita tidak perlu menunggu sesuatu ataupun siapapun. Kita tidak perlu memiliki alasan tertentu untuk merasakan sesuatu yang baik. Kita dapat memutuskan dan merasakan apa yang baik saat ini juga, hanya dengan alasan dan kita menginginkannya.
   Jika demikian kalau kita adalah sumber emosi, mengapa kita tidak bisa merasa gembira setiap saat? Yang jelas emosi yang negatif memberi kita semacam pesan bahwa apa yang kita lakukan sekarang ini tidak benar atau tidak akan memberi hasil yang diharapkan. Alasan itu muncul karena ada sesuatu yang belum atau tidak benar pada carakita memberi nilai terhadap suatu peristiwa atau dalam prosedur yang kita gunakan, khususnya tentang cara kita mengkomunikasikan kebutuhan dan keinginan kita pada orang lain, atau pada tindakan-tindakan yang telah kita ambil.
   Emosi negatif muncul karena apa yang kita lakukan tidak menghasilkan apapun yang kita inginkan. Intinya adalah kita harus mengubah pendekatan kita. Ingatlah bahwa persepsi dikontrol oleh apa yang kita fokuskan.Bagaimana kita memberi penilaian atau interpretasi terhadap suatu peristiwa menentukan tindakan yang akan kita ambil. Kuncinya adalah kita bisa mengubah  persepsi, penilaian atau interpretasi dalam sekejap mata hanya dengan menanyakan pertanyaan yang lebih baik atau dengan mengubah keadaan yang kita alami baik di dalam diri kita maupun lingkungan sekitar.


Semoga Bermanfaat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Menggunakan Emosi Secara Proporsional
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/03/menggunakan-emosi-secara-proporsional.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment