Optimisme dan Suka Cita Menghadapi Kehidupan

Posted by tri novi handono Friday, March 8, 2013 0 comments


"Jalanilah seluruh kehidupan dengan optimisme dan suka cita, harapan cemerlang dan keberanian menggebu, serta kata-kata yang dipenuhi perdamaian".

   Saya ingin menarik perhatian anda pada peristiwa atau hal yang tidak mendapat perhatian masyarakat dan pada umumnya dianggap tidak mempunyai pengaruh penting pada jiwa serta kehidupan manusia ataupun pada perasaan hati manusia.
mengapa hal itu dianggap tidak begitu penting? Apakah sebenarnya yang berpengaruh besar pada pendirian hati, jiwa, kehidupan pribadi dan terlebih lagi berpengaruh pada orang lain? Jawabannya adalah "kata-kata" praktis yang anda pakai dalam kehidupan sehari-hari.
Kata-kata yang selalu dipakai setiap saat.
   Jika demikian apakah anda menggunakan kata-kata yang membangkitkan rasa hormat dan menghargai diri sendiri?
Ketika berbicara tentang sesuatu, khususnya tentang diri sendiri tanpa mengenal diri sendiri, bukannya kata-kata positif melainkan kata-kata negatif yang berhamburan keluar, yang dikatakan dengan wajah tanpa ekspresi bersalah dan dilakukan tanpa disertai pikiran bahwa itu adalah suatu hal yang buruk.
    Akan tetapi semakin sering kita berbicara tanpa memikirkan bahwa hal itu buruk maka ini tidak saja membuat diri sendiri bodoh, tetapi juga membawa puruk pada jiwa orang yang mendengarnya. Sama seperti pepatah yang mengatakan adanya sebuah apel busuk akan merusak seluruh apel-apel cantik yang ada di sekitarnya.
    Jika dibicarakan lebih jelas lagi, ada perasaan nurani yang tersembunyi dalam kehidupan spiritual manusia. Walaupun hanya sepatah kata diucapkan, apa yang disebut perasaan nurani yang tersembunyi ini seakan secara otomatis bereaksi terhadap suara, baik disadari ataupun tidak. Pada saat menyadari perasaan alam bawah sadar ini, keadaan akan menjadi seperti ini.
Maka lahirlah kata-kata agung dan kata-kata suci. Dengan kata lain, jika segala sesuatu diutarakan dengan kata-kata optimis dan positif, maka segala sesuatu dalam kehidupan akan muncul dalam keadaan baik.
    Akan tetapi sekali kata-kata seperti "kemarahan","kesedihan", "penderitaan", kebingungan", dan "kecemburuan", tanpa segan-segan berhamburan keluar dari mulut, maka pada saat itu juga, selain dikatakan bodoh , hal itu akan mengundang akibat yang mengerikan . Ini kenyataan!
Tidak ada kekuatan lebih besar yang dapat dirasakan langsung melebihi kata-kata praktis yang dipakai oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menentukan tindakan yang benar-benar disadari lebih dari kekuatan yang dirasakan yaitu kekuatan batin. Dapat dikatakan bahwa orang yang dapat memahami hal ini dengan benar dan menerapkan dalam hidupnya, tidak salah lagi orang itu akan menjadi orang luiar biasa sesuai dengan prinsip pertama dari filsafat kehidupan.
Bukannya bermaksud membicarakan panjang lebar, hal ini dikarenakan kehidupan diungkapkan dengan kata-kata melalui filsafat dan ilmiah. Demikianlah kata-kata mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi kehidupan. Kesadaran akan hal ini akan menjadi senjata terbaik untuk memenangkan kehidupan.
   Apapun yang dilakukan dengan mempertimbangkan kenyataan yang amat penting ini, artinya selalu menaruh perhatian khusus kepada kata-kata, maka dalam situasi bagaimanapun juga selalu waspada dan hanya menggunakan kata-kata positif dan optimis.
Di dalam dunia ini tidak ada kata-kata yang dikeluarkan tanpa ada ekspresi apapun. Selama kata-kata itu dikeluarkan oleh manusia, sebelum ke luar dari mulut, pasti ada "maksud"nya. Dengan kata lain, di dalam kepala ada pikiran yang membentuk kata-kata tersebut kemudian dikeluarkan lewat suara.
Jadi, hal penting yang harus selalu dipegang teguh adalah "jangan pernah menggunakan kata-kata negatif atau pesimis walaupun hanya sekali"! Ini akan menjadi suatu kebiasaan yang tidak boleh tidak harus dilakukan, karena akan membuat menusia menjadi bahagia tidak hanya dalam segi kesehatan tetapi juga dalam segi nasib. Saya merasa yakin akan hal ini. Jika anda mengeluarkan kata-kata positif dengan penuh harapan, sepenuh hati dan optimis, yakin dan percayalah bahwa segala sesuatu akan tercapai.

Semoga Bermanfaat 

    
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Optimisme dan Suka Cita Menghadapi Kehidupan
Ditulis oleh tri novi handono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://noviarema.blogspot.com/2013/03/optimisme-dan-suka-cita-menghadapi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment